Dapatkan Informasi dan Artikel Terbaru Dari Blog Ini dengan Menambahkan Ke Daftar Favorit [ Klik Disini ]

Table of Content

Gereja Kuil, Rumah Ibadah Unik di Kota Medan


Gereja Kuil? Memangnya ada...
Sangat jelas bila kita mengartikan kedua kalimat diatas, gereja dan kuil memiliki satu pengertian dan tujuan yang sama didalam ruang lingkup agama yang sakral. Hanya saja yang membedakan diantara keduanya yaitu siapa penganut yang beribadah didalamnya, iya bukan? Namun berbeda halnya dengan yang satu ini. Rumah ibadah gereja yang selama ini kita tahu hanya struktur bangunan religi petak-petak dan setahu saya tidak terlalu banyak corak dan ornamen maupun warna bila dipandang dari luar. Sama halnya dengan kuil, mungkin tidak seorang pun yang tidak mengenal rumah ibadah yang sakral bagi umat hindu, apalagi yang paling doyan dengan film india, hampir disetiap alur ceritanya pastilah terselip adegan di dalam ataupun diluar kuil.

Gereja Annai Velangkani juga disebut Graha Bunda Maria Annai Velangkani merupakan salah satu gereja kuil satu-satunya di kota Medan. Gereja khatolik tersebut memang disengaja memiliki nuansa kuil karena pada awalnya pembangunannya pun digagas pertama kali oleh seorang pastor bernama James Bharataputra dan dibantu ahli konstruksinya, Johannes Tarigan.


Jika anda melintas dari Jalan Sakura III No. 7-10, Tanjung Selamat, Medan; anda akan terkesima dengan ramainya pengunjung yang datang hampir setiap hari. Salah seorang pengunjung mengatakan bahwa kedatangannya ke gereja tersebut hanyalah untuk berdoa.

“Saya kesini cuma berdoa kok, karena setiap apa yang saya lalui dalam hidup saya itu karena karunia Tuhan, sehingga saya patut bersyukur dan berterimakasih hanya kepada-Nya, ucap Mey boru Manalu” yang tinggal tidak jauh dari gereja.
Namun bagi anda yang tidak bisa hidup tanpa “selfie” saya sarankan agar jangan pernah melakukan pengambilan foto di dalam ruangan tempat ibadah, karena bisa mengganggu konsentrasi mereka yang melakukan sembahyang/berdoa. Lebih tepat jika anda berselfie ria di luar ruangan yang penuh warna-warni , sebab banyak spot/area yang cantik dan bersejarah untuk bisa tetap diabadikan. Dan lebihnya, gereja velangkani mayoritas masyarakat tamil ini hanya ada 2 di dunia, satu di India Selatan dan satunya lagi di Medan.

“sangat indah bang, jarang ditemui keindahan seperti ini ditengah kota besar, cocok untuk berfoto selfie dengan teman-teman, ucap Kartika, salah satu pengunjung muslim yang datang”.
Penasaran dengan gereja Annai Velangkani, anda tidak perlu khawatir dengan dana yang menguras dompet, karena destinasi wisata rohani yang satu ini sama sekali tidak dipungut biaya retribusi apapun alias gratis. Bagi anda yang ingin ziarah dan belajar peristiwa sejarah rohani disini, saya janji anda akan lebih terasa di India terutama pada saat perayaan Natal nanti.
Sampai ketemu disana ya...

Author: Anz

Posting Komentar