Dapatkan Informasi dan Artikel Terbaru Dari Blog Ini dengan Menambahkan Ke Daftar Favorit [ Klik Disini ]

Table of Content

Performa Toyota Fortuner SUV Terbaik The World Is Mine


Apa lagi yang kurang dengan Toyota Fortuner SUV? Dengan kelebihan dan performanya yang dahsyat anda mampu melakukan apa yang anda mau (The World Is Mine). Semua kesempurnaannya sudah dikonsep lengkap kepada anda, karena Toyota tidak pernah letih untuk berkarya. Kehadiran Toyota selalu membawa dampak positif yang luar biasa di dunia otomotif, dibuktikan dengan gaya yang elegan, nyaman, mewah, bertenaga kuat, dan teknologi yang dimiliki sangat menjaga keselamatan pengendara di jalan.

Memperkenalkan Toyota Grand New VNT pada Fortuner Diesel. Dahsyatnya VNT Fortuner Diesel memiliki variabel Nozzle Turbo yang luar biasa. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3600rpm dan peningkatan torsinya dari 26.5kgm/1600-2400rpm menjadi 35kgm/1600-2800rpm, sungguh menakjubkan. Peningkatan signifikan tersebut ditandai dengan empat silinder diesel berkapasitas 2.5 liter yang terpasang baik diantara rangkaian mesin.

Untuk mengulas kembali tentang fungsi dan cara kerja turbo, ada baiknya menyegarkan ingatan tentang Turbo Charger. Bagi penggemar otomotif sudah pasti mengenal Turbo Charger. Fungsinya adalah untuk memperkaya jumlah oksigen agar pembakaran lebih sempurna. Di dalam Turbo Charger terdapat kompresor yang bertugas menyedot dan mendorong udara ke ruang pembakaran dan mempunyai poros yang sama dengan turbin. Disaat turbin berputar maka kompresor juga ikut berputar menyedot udara dari luar, turbin ini digerakkan gas buang dari mesin.

Nah, turbo yang biasa kita kenal agar dapat bekerja secara efektif harus membutuhkan putaran turbin yang kencang atau jika putaran mesin tinggi. Namun inovasi Grand New VNT menjadi sebaliknya, turbo bekerja efektif pada putaran mesin yang rendah.

Bagaimana cara kerja Nozzle Turbo VNT menjadi lebih baik? Inovasi VNT sudah dilengkapi dengan bilah/sudu-sudu yang bisa diatur sudut bukaannya berdasarkan beban mesin, rpm dan variabel lainnya. Penggera sudu-sudu tersebut adalah motor listrik. Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan kurang efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya. Karena semakin tinggi putaran mesin, sudut bukaan sudu-sudu ikut melebar untuk menghindari tekanan berlebihan yang bisa merusak perangkat turbo.

Selain kelebihan tersebut, Toyota Fortuner Diesel ini juga dilengkapi dengan intercooler yang terletak diantara turbo dan intake manifold yang berguna untuk menurunkan suhu udara panas sehingga kandungan oksigen menjadi lebih rapat padahal jika suhu udara panas maka molekul oksigen menjadi renggang dan menipis. Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialikan dari air scoop pada cap mesin Fortuner Diesel VNT.

Keunggulan Grand New VNT juga tidak perlu diragukan lagi, sudah terbukti dilapangan dengan melakukan ekspedisi terbaiknya yang diulas dalam Perjalanan Jakarta - Rome "EuroAsia".

Fastron EuroAsia I
Dampak positif yang hidadirkan Toyota bukan hanya dirasakan oleh penggunanya, namun membawa kesuksesan besar kepada Pertamina Fastron EuroAsia Yepe Expedition 2011. Ekspedisi yang tidak mudah untuk melintasi Jakarta menuju Italia tersebut menjadikan produk Toyota ini unggul dalam segala hal. Sebelum keberangkatan tim ekspedisi, Toyota-Astra yang memberikan partisipasi 4 unit Toyota Fortuner jenis 4x4 dengan silinder 2.7 liter itu harus menjalani sejumlah pemeriksaan di bengkel Yanatta Auto Works - Lebak Bulus. Pemeriksaan terkait dengan pembuatan roof rack, winch (katrol derek), side guard untuk bracket high lift jack (dongkrak untuk mengangkat mobil hingga ketinggian 1 meter), dan rak besi di bagian bagasi, tutur Nudianto, Kepala Bengkel Yanatta.

Toyota Grand New Fortuner 2.7V A/T 4x4 ini menggunakan bahan bakar bensin dengan kapasitas 2700 cc dan mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-i. Mobil ini telah lulus uji emisi Euro-2 yang direka khusus tangguh di segala medan. Pada ekspedisi tersebut, seluruh pelumas menggunakan produk Pertamina termasuk rem dan radiator coolantnya.

Tidak perlu khawatir dengan kenyamanan pengendara karena mobil ini telah dilengkapi dengan peralatan canggih diantaranya power seat adjuster, corner and parking sensor, touch screen audio and video system with Toyota navigation, serta parking camera. Johnny Darmawan menambahkan di sela-sela pelepasan tim ekspedisi yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2012 silam, seharusnya kita patut bangga karena Toyota Grand New Fortuner dapat mengiringi anak bangsa menapaktilas perjalanan Marcopolo dengan tujuan dapat menanamkan rasa nasionalisme dan menginspirasi seluruh elemen masyarakat untuk memberikan sumbangan terbaik bagi bangsa dan negara.

Tim Ekspedisi yang dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta merupakan ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang terdiri dari 16 orang yang akan melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota.

Fastron EuroAsia II
Sebelum sampai di Thailand, tim sempat singgah di Songkla selepas dari Malaysia. Dengan bantuan dari konsulat jendral setempat, tim bertemu dengan media dan mempromosikan Indonesia. Tim mengatakan sistem navigasi terbukti banyak membantu perjalanan mereka.

Selanjutnya,menurut informasi yang diperoleh dari situs http://toyota.astra.co.id, ternyata tim ekspedisi harus menghadapi banjir bandang yang meluluhlantakkan daerah yang dikenal dengan julukan negeri Gajah Putih tersebut. Namun, tidak menjadi masalah bagi Grand New Fortuner karena mobil ini memiliki kelebihan Ground Clearance yang tinggi. Setelah diperiksa oleh bengkel Toyota resmi disana sekaligus pergantian oli, kondisi mobil tetap prima dan dapat melanjutkan perjalanan.

Fastron EuroAsia III
China menjadi tantangan lain bagi Fortuner. Disaat cuaca berkisar 15-17 derajat celcius mesin tidak mengalami masalah sedikitpun, buktinya saja tim tidak mengalami gangguan apapun saat melintasi kota Chengdu, China. Ketika cuaca dingin, sistem penggerak 4x4 menjadi perangkat penting untuk menuntaskan perjalanan. Kombinasi suspensi depan double wishbone with stabilizer dan suspensi belakang 4 link dengan lateral rod bekerja sempurna. Bukan itu saja Fortuner juga mampu mengahadapi gurun pasir Taklimakan di Xinjiang. Kehadiran tim ekspedisi di China membuat masyarakat disana menjadi heran membayangkan perjalanan 4 unit Fortuner Indonesia bisa sampai ke negara yang dijuluki Tirai Bambu dengan odometer 10.000 kilometer lebih. Sungguh ekpedisi yang menyenangkan tentunya bagi saya.

Setelah melalui masa sulit yang ekstrim sekalipun, kini Fortuner harus berhadapan dengan pegunungan batu bersalju di Kyrghyztan. Rute yang dilalui bukanlah rute yang biasa, karena untuk menuju kawasan Asia Tengah hingga Iran, daerah tersebut sangat tinggi dan kering, berbukit-bukit dan keras setinggi 3900dpi. Apa yang membuat Fortuner tetap tangguh dan prima? Salah satu kuncinya adalah teknologi VVT-i yang didukung sensor oksigen yang berfungsi mendeteksi jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar. Dengan kecanggihan mengetahui seberapa banyak oksigen yang masuk, maka sistem tersebut mampu menakar kebutuhan oksigen yang diperlukan. Katup masuk ke ruang bakar juga bisa dikendalikan lama bukaannya disesuaikan dengan kondisi medan dan beban mobil. Dengan demikian mesin selalu bisa memproduksi tenaga yang dibutuhkan untuk mengantarkan tim menuju Turki, pintu gerbang eropa.

Dengan kesempurnaan Toyota Fortuner SUV tersebut, jika saya diberi kesempatan maka saya ingin mengelilingi dunia karena saya yakin Toyota Fortuner VNT tidak akan mengecewakan saya.

1 komentar

  1. mantabs, fortuner memiliki teknologi mesin yg canggih. semoga menang kontesnya ya sobat.

    ditunggu kunjungan baliknya.