Dapatkan Informasi dan Artikel Terbaru Dari Blog Ini dengan Menambahkan Ke Daftar Favorit [ Klik Disini ]

Table of Content

Elemen Sistem Komputer


Dalam TIK tentunya tidak pernah terlepas dari beberapa fungsi elemen sistem. Agar komputer berfungsi sebagai pengolah data yang dapat menghasilkan informasi, diperlukan sistem komputer (computer system). Ada tiga elemen dalam sistem komputer yang saling berkaitan dan menjadi satu kesatuan. Berikut ini uraian elemen sistem komputer.
  1. Hardware atau perangkat keras: peralatan komputer yang terlihat secara fisik dan dapat dipegang. Hardware merupakan peralatan penting yang membuat komputer dapat berfungsi. Secara umum, fungsi hardware dibagi menjadi tiga kategori komponen, yaitu input, output, dan storage. Ketiga komponen tersebut selalu berhubungan dengan microprocessor.
  2. Software atau perangkat lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Software merupakan satu set instruksi komponen yang digunakan untuk memanipulasi data, contohnya program aplikasi pengolah kata (word processing) atau permainan (video game). Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu sistem operasi, bahasa pemograman, dan alat bantu.
  3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Bagaimanapun juga canggihnya komputer, tanpa brainware komputer tersebut tak berarti apa-apa. Berdasarkan fungsinya, brainware dibagi menjadi empat tingkatan pengguna.
    • Entri Data adalah pengguna komputer yang bertugas memasukkan data yang pekerjaannya berulang-ulang, contohnya kasir pada pasar swalayan.
    • Operator adalah pengguna komputer yang bertugas memasukkan data dan mengolahnya hingga menjadi informasi, contohnya operator bagian akuntansi.
    • Programmer adalah pengguna komputer yang bertugas membuat program atau perangkat lunak aplikasi dengan bahasa pemograman tertentu, contohnya programmer perangkat lunak sistem akuntansi, sistem administrasi sekolah, dan paket aplikasi sekolah.
    • System Analyst adalah pengguna komputer yang bertugas merancang suatu program dan dapat bertindak sebagai konsultan pada rekayasa perangkat lunak, contohnya konsultan web.
Semoga bermanfaat…

Posting Komentar